Posted by: indra | July 18, 2009

Mengurangi Minus Kacamata Bagi yang Menggunakan Kacamata


1. Buat yg terlanjur pakai kacamata, jangan pernah nambahin minus di kacamata walaupun minus mata kalian melebihi kacamata. Alasannya, semakin ditambah maka mata kita selalu dipaksa untuk melihat dalam keadaan semakin minus dan ga pernah untuk sebaliknya. Otomatis disaat kita tes lagi kemungkinan naik 65%, tetap 30%, turun 5% (byk faktor). Ada contoh nyata yg nekat melepas kacamata demi mencapai teori ini dan sukses. Untuk yg belum pernah pakai kacamata, jgn coba2 deh (don’t try this @ home)

2. Katanya memaksakan mata untuk melihat itu jelek, tapi berdasarkan contoh nyata yg gua lihat sendiri, maksain mata dengan cara mata disipitin dan mengubah mimik seperti cium bau tak sedap dapat membuat kita melihat dengan lebih jelas dan melatih otot2 mata kita untuk mengurangi minus yg ada.

3. Konsumsi vitamin A sangat membantu dalam proses penyembuhan mata (JELAS!).

4. Silinder sangat tricky untuk dicek karena bisa berubah2 tergantung stamina mata saat itu (bahkan komputer aja bisa salah hitung silinder!). Silinder menurut beberapa orang tidak bisa disembuhkan dan terjadi karena faktor genetika dan radiasi. Jangan memaksakan mata untuk melihat monitor jika mata kalian memang terasa capek. Sangat disarankan juga untuk pakai anti radiasi baik di monitor atau di kacamata kalian sendiri. Monitor LCD jauh lebih baik dari CRT, bahkan ada yg bilang LCD tidak beradiasi (radiasi tergolong kecil sekali). Contrast di monitor pun jangan terlalu tinggi karena dapat mempengaruhi besarnya radiasi yg dikeluarkan. Saat ini gua masih percaya jika mata kita silinder maka lebih baik untuk memakai kacamata sesuai nilai silindernya. Teori ini masih belum ada pembuktian yg signifikan untuk bisa menurunkan nilai silinder.

5. Saat kita mengeluh ke dokter sering pusink, kadang menurut mereka penyebabnya karena minus kita lebih tinggi dari kacamata. Menurut gua tambahin minus pada kacamata malah sangat merugikan seperti yg gua bilang diatas. Jika kalian sering pusink, ada baiknya kalian cek lg mata kalian di optik terdekat, karena bisa saja minus kalian turun (seperti gua). Anehnya di mata kiri gua yg sekarang kalau lepas kacamata malah kelihatan lebih jelas dibanding pakai kacamata. Hal ini yg bikin gua curiga mengapa gua sering pusink bahkan migrain, karena pakai kacamata malah lebih burem untuk mata kiri gua, padahal mata kanan gua ga seperti itu.

6. Ada baiknya jika minus pada kacamata kita turunkan perlahan2 0.25-0.5 per tahun. Dengan begini kita melatih mata kita ke arah yg benar bukan sebaliknya.

7. Teori ini belum terbukti untuk orang yg minusnya tinggi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: